Menambahkan Menu Win + X di Windows 8

Untuk pengguna Windows 8, pasti sudah paham dengan bergantinya fitur Start Menu menjadi Metro. Bila Anda masih ingin menggunakan versi desktop, artinya butuh menu Start seperti sebelumnya.

Banyak cara untuk mengaktifkan menu Start pada tampilan Desktop, dan salah satu caranya adalah menggunakan bantuan tool seperti Start8, yang mampu menambahkan gaya menu Start Metro untuk Taskbar Windows 8, serta Shell Classic, yang telah diperbarui agar mampu bekerja di Windows 8.

Ada juga cara untuk mensimulasikan menu Start dengan membuat toolbar pada Taskbar yang mencakup shortcut dari folder Programs di folder menu Start. Sebenarnya ada sebuah konteks menu yang tersembunyi, yang disebut menu Win + X, dan telah ditambahkan ke Windows 8 yang tersedia dengan menggerakkan mouse Anda ke kanan bawah dan menekan klik kanan.

Jika Anda hanya ingin akses ke program yang sering digunakan saja, kini Anda dapat menambahkan shortcut sendiri untuk menu Win + X. Kita akan bahas bagaimana menambahkan item ke Win + X secara manual.

Ada tool gratis yang memungkinkan Anda untuk bisa menambah, menghapus, dan menyusun ulang item pada menu Win + X. Anda bisa menggunakan Win + X Menu Editor yang bisa Anda download di sini

Jalankan aplikasi tersebut sesuai dengan platform OS dan PC Anda apakah x64 atau x86. Carilah Win + X Menu Editor dan file hashInk yang dapat di eksekusi. Win + X Menu Editor menggunakan hashInk.exe untuk membuat perubahan pada Win + X menu, seperti yang dapat Anda lakukan secara manual. Win + X Menu Editor tidak perlu diinstal. Cukup klik dua kali pada file WinXEditor.exe untuk menjalankan program tersebut.

Saat menjalankannya akan muncul kotak dialog “Open File – Security Warning”, klik Run untuk membuka Win + X Menu Editor. Pada jendela Win + X Menu Editor, ada tiga kelompok default layar shortcut. Jika Anda ingin memisahkan shortcut sendiri dari sisa shortcut default, Anda dapat membuat grup baru. Untuk melakukannya, klik Add Group.
Sebuah kelompok keempat menampilkan di bagian atas jendela. Untuk menambahkan shortcut ke grup baru, sorot grup dan klik Add Shortcut. Untuk contoh ini, kita akan menambahkan Notepad untuk menu Win + X. Pada kotak dialog Open, arahkan ke lokasi program yang ingin ditambahkan ke menu Win + X. Pilih file .Exe untuk program tersebut dan klik Open.

CATATAN: Anda juga dapat menambahkan shortcut yang ada pada menu Win + X. Untuk melakukannya, arahkan ke folder shortcut Desktop atau lainnya yang ada file (.Ink) dan pilih shortcut yang diinginkan.

Win + X Menu Editor menggunakan nama file .Exe untuk nama shortcut. Namun, Anda dapat mengubah ini. Manfaatkan Notepad pada menu. Untuk mengubah nama cara pintas, klik kanan pada shortcut dan pilih Renam atau tekan F2.

Menampilkan kotak dialog Ubah nama. Masukkan nama baru untuk shortcut dan klik OK. Anda akan melihat bahwa tidak ada dalam kotak edit, bahkan nama asli. Anda harus mengetikkan nama dari awal.

Setelah menambahkan shortcut lagi untuk grup baru, Anda dapat menyusun ulang dengan menggunakan tombol panah di sisi kanan dari jendela Win + X Buka Menu Editor. Bila Anda memindahkan shortcut, Win + X Menu Editor menggunakan program hashInk yang sudah dimasukkan. Mungkin dialog box Open File – Security Warning akan muncul lagi. Sebaiknya hapus centang “Always ask before opening this file” untuk file hashInk.exe sebelum menekan Run. Jika tidak, kotak dialog ini akan terus ditampilkan.

Anda juga dapat menghapus shortcut dari grup baru Anda atau dari kelompok default. Pilih shortcut dan klik Delete Shortcut. Sebuah kotak dialog konfirmasi menampilkan untuk memastikan Anda ingin menghapus shortcut.

Untuk menerapkan perubahan Anda ke menu Win + X, restart Windows Explorer, maka setiap jendela Explorer yang pernah dibuka sekarang akan ditutup. Kustom shortcut Anda sekarang tersedia di menu Win + X.

Untuk kembali ke standar Win + X menu, klik Restore Defaults pada jendela Win + X Buka Menu Editor.

Win + Menu Editor X tidak memungkinkan Anda untuk mengubah nama atau memindahkan kelompok atau memindahkan shortcut antara kelompok. Tapi Anda bisa melakukannya secara manual untuk menmbahkan item ke menu Win + X.

0 komentar: