Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Menggunakan Xampp

Cara ini sangat berguna bagi Anda, dengan menjalankan WordPress di localhost melalui xampp pada komputer Anda, Anda akan mendapat banyak manfaatnya seperti menggunakannya untuk backup artikel Anda di WordPress.com dengan menggunakan tools import, atau Anda ingin membuat konsep artikel terlebih dahulu sebelum di masukkan ke dalam blog WordPress Anda dan kemudian dipublikasikan. Selain itu, Anda juga bisa belajar mengembangkan tema, dan mengutak-atik tema, bahkan plugin yang telah Anda buat untuk di test terlebih dahulu.
Langkah-langkahnya :
1. Silahkan Anda download WordPress versi terbaru di wordpress.org.
2. Unzip file yang telah Anda unduh dari wordpress.org ke C:\xampp\htdocs.
3. Buka browser Anda, pada address bar masukkan alamat http://localhost dan tekan Enter, Anda akan ditujukan ke alamat http://localhost/xampp/.
4. Setelah Anda masuk ke halaman XAMPP, klik pada phpMyAdmin atau dengan cara masukkan alamat http://localhost/phpmyadmin. Kemudian buatlah sebuah database baru “Create Database” dengan nama “wordpress” dan isi Collation dengan “utf8_unicode_ci”. Klik “Create” dan tunggu beberapa detik hingga proses selesai.
5. Kemudian setelah membuat database baru, masukkan alamat http://localhost/wordpress pada address bar.
6. Klik "Create a Configuration File".

7. Pada halaman berikutnya klik “Let’s go!
8. Pada halaman berikutnya, isi Database Name dengan wordpressUser Name dengan rootPassword dikosongkan saja karena tidak diperlukan jika menggunakan user name root, kecuali kalian membuat sebuah user baru. Isi Database Host dengan localhostTable Prefix dengan wp_, dan klik “Submit”.
9. Setelah semua sudah siap, selanjutnya klik “Run the install”.
10. Setelah proses tadi selesai Anda akan masuk ke dalam halaman Welcome untuk mengisi data situs yang diperlukan. Isi Site Title, Username, Password, dan Email sesuai pilihan kalian. Pada Privacy, jangan centang “Allow search engines to index this site. Dan klik “Install WordPress”.
11. Setelah instalasi sukses dijalankan, silahkan login dengan Username dan Password yang telah Anda isi.

12. Selamat, Anda telah berhasil install WordPress di localhost dengan menggunakan xampp.

1 komentar:

Admin mengatakan...

kok saat saya masukan http://localhost/wordpress error ya om ?!