Oprek Browser Firefox Agar Lebih Kencang dan Stabil Tanpa Bantuan Software

Siapa yang tidak mengenal dengan browser internet satu ini, Mozilla Firefox. Browser handal ini banyak dipakai oleh pengguna komputer karena terkenal lebih ringan dan lebih cepat ketika digunakan untuk menelusuri web. Oleh sebab itulah, menjadikan Mozilla Firefox sebagai browser utama dan paling favorit dipakai saat ini.
Tetapi Anda juga perlu tahu bahwasanya Anda bisa membuat Firefox yang Anda miliki menjadi lebih cepat dan lebih ngebut lagi hanya dengan melakukan sedikit oprek pada perubahan konfigurasinya. Memang koneksi internet khususnya Broadband saat ini sudah sangat cepat, namun akan lebih maksimal lagi ketika Internet Browser Anda juga berjalan seiring dengan kecepatan akses data Anda.
Untuk itulah akan dibahas beberapa tips untuk melakukan oprek browser Firefox agar Anda bisa berselancar di dunia maya dengan maksimal. Akan tetapi Anda harus berhati-hati dalam melakukannya karena jika melakukan kesalahan, Firefox Anda menjadi tidak normal lagi, jadi perhatikan dengan cermat cara pengaturan konfigurasi pada Firefox Anda.
Oprek tanpa bantuan software pihak ketiga
Hal ini sangat mudah dilakukan tanpa melakukan pengunduhan program pihak ketiga, cukup melalui browser Firefox itu sendiri, langsung saja buka browser Firefox Anda. Pada address bar ketikkan : “about:config” dan ikuti uraiannya berikut ini.
Agar memuat halaman lebih cepat
Anda dapat membuat halaman web memuat lebih cepat di Firefox dengan menggunakan “pipelining” trik. Biasanya browser akan membuat satu permintaan halaman web pada saat waktu. Bila Anda mengaktifkan pipelining itu akan membuat beberapa sekaligus, yang dapat mempercepat loading halaman. Caranya :
Ketikkan : “network.http.pipelining.maxrequests” pada “Search”. Maka halaman akan memuat hasil pencarian Anda tersebut. Lakukan double-click pada konten yang Anda cari tadi dan ganti nilainya menjadi “50”, perhatikan pada gambar.
Kemudian cari lagi : “network.http.proxy.pipelining”. Lakukan double-click dan ubah nilainya menjadi “true”.
Lanjutkan dengan membuat konfigurasi baru caranya : Lakukan klik kanan pada halaman konfigurasi ini, New > Integer, isikan pada teks box : “nglayout.initialpaint.delay”. Tekan OK.
Kemudian isikan “0” dan tekan OK.
Mempercepat koneksi Internet
Langkah selanjutnya untuk lebih mempercepat koneksi internet pada browser Firefox Anda, caranya : Ketikkan : “network.dns.disableIPv6” dan ubah nilainya menjadi “true”.
Selanjutnya membuat konfigurasi baru, klik kanan pilih “New > Boolean”, isikan pada teks box : “content.interrupt.parsing”, klik OK. Isikan lagi dengan nilai “true” kemudian klik OK. Lihat pada gambar.
Download lebih cepat
Agar proses download menjadi lebih cepat, caranya : klik kanan pada halaman konfigurasi pilih “New > Integer”, isi dengan “content.max.tokenizing.time” lalu klik OK dan isi lagi dengan nilai “2250000” dan klik OK. Lihat pada gambar.
Lanjutkan dengan “New > Integer” isi dengan “content.notify.interval”, klik OK dan isi dengan : “750000” dan klik OK lagi. Pilih lagi “New > Boolean” isikan : “content.notify.ontimer”, klik OK. Lalu isikan : “true” kemudian klik OK. Lihat pada gambar.

Mempercepat pemulihan konten
Pilihan ini mengontrol jumlah maksimum berapa kali konten akan melakukan reflows. Halaman reflows hanya sekali ketika telah selesai mengunduh dan berakhir setelah mencapai jumlah yang telah ditentukan. Langkahnya : klik kanan, pilih “New > Integer”, isi dengan : “content.notify.backoffcount” klik “OK” dan isi lagi dengan nilai “5” dan klik “OK” lagi. Lihat pada gambar.
Lanjutkan dengan hal yang sama, “New > Integer” isi dengan : “content.switch.thresh-old” klik “OK” lalu isi dengan nilai : “750000” dan klik “OK”. Lihat pada gambar.
Setelah Anda melakukan perubahan pengaturan konfigurasi sesuai langkah-langkah diatas, maka selanjutnya Anda restart Firefox dan rasakan kecepatan Firefox yang berbeda dari sebelumnya. Selamat mencoba.


0 komentar: